Rabu, 13 Agustus 2014

Kota Bekasi

Assalamu'alaikum.. ^^ Malam ini di postingan pertama di blog ini Icha mau jelasin tentang kota tempat tinggal Icha yaitu Kota Bekasi.
Kalo orang-orang yang diluar Jakarta & Jawa Barat pasti pada taunya Kota Bekasi itu masuk ke Provinsi DKI Jakarta, padahal mah bukan..
Kota Bekasi itu masuk Provinsi Jawa Barat yang Ibukota Provinsinya itu Kota Bandung. Pasti pada tau kan kalo Kota Bandung? ^^
Untuk ciri khasnya Icha juga bingung apa *plak*, tapi yang pasti Kota Bekasi itu tetangga sebelahnya Kota Jakarta.. Jadi suasananya ga beda jauh lah sama Kota Jakarta. Sama panasnya, macetnya, banjirnya, dll deh pokoknya. Di Bekasi juga banyak mall, ya walaupun ga sebanyak di Jakarta sih...
Oh iya, Bekasi itu kota terbesar keempat di Indonesia lho.. Baru tau juga sih Icha. Wkwkwk :D
Di Bekasi sukunya ada banyak, udah nyampur semua suku dari Indonesia, tapi yang aslinya sih sunda. Kalo orang yang asli Bekasi biasanya sih ngomongnya pake basa sunda atau logatnya sunda tapi karena tetanggaan sebelah ame Kote Jakarte jadinye kebanyakan orang Bekasi kalo ngomong logatnya sunda tapi pake basa betawi dah.
Untuk keseniannya sih kalo dari Bekasi yang khas itu ada Tari Topeng & Kesenian Ujungan. Tarian topeng atau yang biasa dikenal Topeng aja itu kesenian khas dari Bekasi yang sampe sekarang masih ada & belum punah sama kayak musik gambus. Walaupun dinamain tarian topeng tapi kesenian ini engga didominasi sama tarian aja tapi juga nampilin lawakan yang biasanya isinya kisah kehidupan masyarakat kecil. Tari topeng biasanya diiringi alat musik tradisional gendang, rebab, gong, kenong tiga & kecrek.
Kalo Kesenian Ujungan itu kesenian memukul betis & tulang kering pake lull aren, pemain Ujungan langsung loncat-loncat terus gayanya lucu gitu dweh.. Biar engga kena penonton  arenanya disiapin terpisah. Begitu kakak... ;)
Nah, yang terakhir tentang kuliner nih, untuk kategori kue-kue yang khas dari Bekasi itu ada Dodol Bekasi, Jalabia, Cucur, Kue Bugis, Bika Ambon, Kue Pepe, Putu Mayang, Talam, Kue Pisang, Lopis, Kue Cincin, Geplak, Onde-onde, Gemblong, dan kerak telor yang masuk kategori kue basah. Kue keringnya itu ada Kue Akar Kelapa, Rengginang, Kue Wajik, Sagon, Kue Satu, parocot, Kue Duit dan Kue Brangas yang biasanya disediain buat tamu kalo ngadai hajatan..
Untuk lauk pauknya yang khas dari Bekasi yang paling dikenal itu sayur asem khas Bekasi, rasanya agak sedikit asem kalo dibandingin sama jenis sayur asem di daerah lain. Selain itu ada satu jenis sayuran yang khas, yaitu sayur ikan gabus atau sayur pucung. Jenis sayur ini kayaknya cuma ada di Bekasi aja. Karena Bekasi tempo dulu terdiri dari rawa-rawa yang didalamnya terisi ikan gabus. Sayur ikan gabus biasanya dimasak  dicampur pucung atau kluwek yang berwarna hitam & memiliki aroma serta rasa yang khas.

Oke udah kelar Icha jelasin tentang Kota bekasi, capek banget nih ngetiknya.. Huhuhu :(
Akhir ketikan Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar